Pengertian Iklan, Slogan, dan Poster
Iklan dapat diartikan sebagai teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga dapat diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang dan jasa.
Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntunan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya. Slogan sering pula disebut moto atau semboyan.
Poster adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempat-tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak.
Perbedaan Iklan, Slogan, dan Poster
Berikut perbedaan antara iklan, slogan, dan poster.
Unsur-unsur pembentuk iklan, slogan, dan poster sebagai berikut.
Iklan dapat diartikan sebagai teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga dapat diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang dan jasa.
Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntunan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya. Slogan sering pula disebut moto atau semboyan.
Poster adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempat-tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak.
Perbedaan Iklan, Slogan, dan Poster
Berikut perbedaan antara iklan, slogan, dan poster.
- Iklan merupakan teks persuasif yang memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dan suara.
- Slogan merupakan teks persuasif yang mengutamakan unsur kata-kata.
- Poster merupakan teks persuasif yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata; dipajang di tempat-tempat umum.
Unsur-unsur pembentuk iklan, slogan, dan poster sebagai berikut.
- Sumber adalah pemasang iklan yang berinisiatif, dan penyandang dana dari pemasangan suatu iklan.
- Pesan adalah informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa pesan verbal dan pesan nonverbal.
- Media adalah sarana yang digunakan, misalnya mendia cetak, elektronik, dan sarana-sarana lainnya.
- Penerima adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan.
- Efek adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.
- Umpan balik adalah tanggapan, reaksi, atau respons yang dikehendaki dari penerima pesan, misalnya dengan membeli produk yang ditawarkan dan menolak pemakaian narkoba.
- Pengenalan produk. Bagian ini dapat pula disebut sebagai judul teks.
- Pernyataan persuasif, berisi pernyataan yang mendorong pembaca atau pendengar berbuat sesuatu. Bagian ini biasanya berupa pernyataan tentang kelebihan produk yang ditawarkan.
0 komentar:
Posting Komentar