Senin, 17 September 2018

Contoh Soal Surat Pribadi Kelas 7

Berikut ini adalah Contoh Soal Surat Pribadi Kelas 7 berbentuk pilihan ganda (PG).
1. Perhatikan teks berikut!
(1) Salam pembuka
(2) Isi surat
(3) Alamat surat
(4) Salam penutup
(5) Nama pengirim/tanda tangan

Urutan yang benar dari surat-surat pribadi tersebut adalah ....
A.(3)-(1)-(2)-(4)-(5)
B.(1)-(2)-(3)-(5)-(4)
C.(3)-(1)-(2)-(5)-(4)
D.(1)-(3)-(2)-(5)-(4)

Perhatikan penggalan surat berikut, untuk menjawab soal nomor 2 dan 3.
Yth. Faeyza
di Suralaga

Salam Kangen,
...........................
Di Mataram aku juga dalam keadaan sehat walafiat. Setelah dua bulan aku pindah ke Mataram, kamu tidak pernah berlibur. Sibuk dengan tugas sekolah, ya? Aku ingin sekali berbagi cerita seperti dahulu.
...........................

2. Kalimat pembuka yang tepat untuk mengawali isi surat tersebut adalah ....
A.Dengan datangnya surat ini, aku akan mengabarkan keadaanku sehat-sehat saja.
B.Saya akan memberitahukan kepada Ramzi bahwa sekolah di Mataram berbeda dengan di Masbagik.
C.Hai, apa kabar Non. Bagaimana kabar Bapak dan Ibu di sana? Aku berharap sehat-sehat selalu.
D.Bersama surat ini aku akan bercerita tenteng sekolahku di SMP Mataram.

3. Kalimat yang tepat untuk menutup isi surat pribadi di atas adalah ....
A.Demikian untuk Anda maklumi. Dan atas kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih.
B.Kami merasa terhormat jika sekiranya berkenan untuk membalas surat ini. Terima kasih.
C.Demikian surat ini saya sampaikan. Dengan harapan Anda segera membalasnya.
D.Oke sekian dulu ceritaku. Aku tunggu ya, balasanmu. Sekian dulu, daaaah.

4. Andi disuruh ibunya membuat surat kepada pamannya di kampung. Kalimat penutup surat Andi kepada pamannya yang paling tepat adalah ....
A.Demikian surat ananda, teriring harapan paman segera membalasnya. Terima kasih.
B.Inilah akhir dari perjumpaan kita. Semoga segera bertemu.
C.Silakan dijawab semua pertanyaan ananda. Jawabannya sangat diperlukan.
D.Sudah dulu ya? Balasa darimu sangat kuharapkan.

5. Perhatikan penggalan surat berikut!
...........
Kirana, saat ini aku sedang berada di rumah sakit. Aku sakit demam berdarah. Tapi keadaanku sekarang sudah membaik, koq. Jadi, nggak usah khawatir.
Penggalan surat di atas adalah bagian ....
A.Salam pembuka
B.Pembuka
C.isi
D.penutup



0 komentar:

Posting Komentar